Pendidikan anak di dalam rumah

Banyak orang tua mengabaikan pendidikan anaknya di dalam rumah, mereka berfikir bahwa anak-anak akan berkembang dengan sendirinya dari lingkungan, sedangkan orangtua hanya mengawasi. Mereka yang sibuk dan memiliki uang pun berfikir bahwa dengan memasukkan anak-anak mereka ke sekolah- sekolah unggulan/favorit/mahal atau bahkan pesantren, maka beban tanggung jawab mereka untuk mendidik anaknya di dalam rumah menjadi berkurang. Sekolah- sekolah tersebut diharapkan membuat anak mereka menjadi pandai dan baik seperti yang diidamkan seluruh orang tua. Lalu bagaimana dengan keluarga yang hidup tidak berkecukupan?!. Anak- anak dianggap sebagai pelengkap dalam kehidupan rumah tangga mereka, atau malah dianggap penambah beban mereka.

Sayang sekali, ayah dan ibu yang terhormat harus megabaikan pendidikan anaknya didalam rumah, padahal mereka adalah pendidik yang akan menghasilkan kualitas masa depan bangsa. Masa depan apa yang dimiliki Negara ini jika orang tua tidak peduli dengan pendidikan anaknya di dalam rumah? Tidak heran jika kita lihat banyak terjadi perkelahian pelajar (tawuran), anak perempuan hamil di luar nikah atau mungkin remaja-remaja yang sudah melakukan aborsi dan banyak lagi masalah-masalah yang timbul karena ketidakpedulian orangtua dalam mendidik anaknya.

Anak adalah titipan Tuhan, mereka juga manusia yang butuh kasih sayang dan penunjuk jalan, siapa lagi kalau bukan kita (orangtua). Mereka adalah kertas putih, dan kita sebagai orang tua yang akan mengisi kertas putih tersebut. Anak adalah apa yang dituliskan orangtuanya.

Peluk cium untuk anakku…

6 responses to “Pendidikan anak di dalam rumah

  1. Pendidikan anak sejak dini dengan pembekalan aqidah islam yg kuat adalah yang paling penting. Dimulai dengan pendidikan atas dasar tarbiyah qur’aniyah didalam rumah oleh semua anggota rumah dan kerabat, baik orang tua, kakek nenek, om, tante..dll. insya Alloh, jika itu berhasil, dimanapun dan kapanpun anak berada, mudah-mudahan selamat. Tentunya juga orang tua harus terus mengawasi…

  2. Pingback: Pendidikan Anak Anak | Anakku Harapanku Dunia Akhiratku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s