Bisakah anak minum obat tanpa dipaksa?

Miris sekali jika melihat anak-anak khususnya balita dipaksa minum obat oleh orang tuanya dengan cara dipegang erat-erat dan di tutup hidungnya agar mulutnya terbuka, apa lagi jika sampai membentak. Padahal anak- anak tidak perlu dipaksa seperti itu, Hal tersebut akan menimbulkan trauma bagi dirinya, sehingga ia akan terus takut untuk minum obat walaupun rasanya manis. Ini adalah metode jaman dulu yang orangtua kini masih saja menerapkannya.

Sejak bayi sampai kini berusia 3 tahun, saya tidak pernah memaksa anak saya minum obat. Jika ingin memberikan obat padanya, saya berusaha agar ia mau membuka mulutnya sendiri dan menerima suapan obat yang saya berikan tanpa dipaksa. Apalagi obat untuk anak- anak itu sekarang sudah banyak yang manis, jadi kenapa harus menakut- nakuti anak dengan cara memaksanya.

Biasanya saya akan jelaskan ke anak bahwa obat ini rasanya manis, dan jelaskan mengapa ia harus minum obat tersebut, karena untuk kesehatannya atau agar cepat sembuh dari sakitnya. Para ibu harus kreatif mencari trik- trik agar anak mau minum obat, contohnya saya memegang sendok obat dan saya bicara ke bonekanya untuk ikut minum obat lalu saya suapi seakan- akan si boneka sudah minum obat, lalu anak saya akan tertarik untuk ikut minum obat. Lakukan dengan sabar dan jangan terburu- buru, tunggulah sampai bibir mungilnya dibukanya sendiri. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepadanya dengan mengatakan bahwa ia hebat sudah mau minum obat atau katakan terimakasih.

Gunakan banyak komunikasi kepada anak, sebelum minum obat, ajak ia berbincang- bincang tetang segala hal yang berkaitan dengan minum obat. Jangan takut dibilang cerewet atau bawel karena selalu mengulang- ngulang permbicaraan yang itu- itu lagi, karena anak- anak senang diajak berbicara.

Jika ibu bisa membuat si anak mau minum obat tanpa dipaksa, jangankan obat manis, obat pahitpun ia akan mau juga (asal buru-buru dikasih minum). Hal ini berhasil pada anakku, jadi bukan hanya teori🙂

Sehat selalu untuk anakku ….

One response to “Bisakah anak minum obat tanpa dipaksa?

Leave a Reply

