Hindari mandi dengan si kecil

Orang tua tidak seharusnya mengajak anaknya untuk mandi bersama, baik yg balita apalagi yang sudah bukan balita lagi (hehehee). Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologis sex anak. Memang benar ada beberapa orangtua yang mengatakan, bahwa untuk mengajarkan pendidikan sex pada anak sejak usia dini salah satunya dengan mandi bersama, agar ia bertanya tentang perbedaan dirinya dan orang dewasa, namun tidak demikian yang diajarkan dalam Islam.

Pendidikan sex pada anak justru salah satunya adalah dengan menghindari mereka mandi bareng dengan salah satu orangtuanya, walaupun masih berjenis kelamin sama yaitu anak laki- laki dengan ayah, dan anak perempuan dengan ibunya. Karena anak- anak tidak dianjurkan melihat ayah atau ibunya atau orang lain yang sudah dewasa tanpa pakaian (telanjang).

Masih banyak lagi tuntunan pendidikan sex untuk anak dalam Islam, diantaranya hindari anak memakai pakaian yang ketat, hindari memakai pakaian- pakaian yang sobek yang belum dijahit lagi, orangtua harus berpakaian sempurna (tertutup) didepan anak-anaknya untuk memberikan contoh yang baik, dan masih banyak hal lainnya yang tidak saya ingat saat ini.

Untuk memberikan anak pengetahuan tentang organ- organ tubuhnya, ajaklah anak tersebut berbicara dengan nyaman, ibu sebaiknya membicarakannya pada anak perempuannya dan ayah pada anak laki- lakinya. Beritahukan pada mereka bahwa tubuhnya yang ditutupi pakaian ini milik mereka pribadi, tidak boleh ada yang menyentuhnya, jika ada orang yang melakukannya, maka orang itu tidak baik, dan ia harus segera memberitahukan kepada orangtuanya. Kecuali suatu kebiasaan seperti ingin buang air kecil/besar yang masih dibantu ibunya. Hal ini berguna untuk pertahanan anak- anak di dunia luar, demi mencegah orang- orang tidak bertanggung jawab yang akan berbuat tidak baik kepadanya.

Jika engkau ingin anak- anakmu saat dewasa dapat menjaga dirinya dari pergaulan bebas yang menjerumuskannya, maka didiklah sejak dini. Hari ini mereka adalah bibit, dan orangtualah yang akan menjadi pupuk agar mereka tumbuh menjadi manusia sempurna yang taat kepadaNya.🙂

kangen pada anakku…

7 responses to “Hindari mandi dengan si kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s