Mencegah anak lahir ngondek?

Singkatnya, ngondek itu semacam perilaku anak laki-laki yang kemayu, melambai atau lebih bisa dibilang agak kewanita-wanitaan (wanita jadi-jadian). Dulu saya jarang sekali melihat remaja- remaja ngondek ini, tapi sekarang populasi mereka makin banyak, apa lagi di Mall. Siapa sih yang ingin anak lelakinya seperti itu, dan suatu hari akan mengenakan barang yang sama dengan yang biasa dikenakan anak perempuan. 

Pernah saya dikagetkan saat melihat seorang remaja laki- laki ngondek yang memakai hot pants jeans dan sepatu wedges yang tingginya kira-kira lebih dari 7 cm.🙂 Hmm…. Ketakutan seorang ibu sepertinya bertambah, bukan saja takut anak lelakinya menggunakan narkoba tapi takut mereka memakai high heels.🙂

Saya teringat dengan salah satu akhlak dalam berhubungan suami istri yang ada dalam kaidah Islam, yaitu : Tidak berhubungan dengan syahwat atau nafsu yang timbul karena orang lain (misalnya mengkhayalkan orang lain), karena bisa menyebabkan anaknya menjadi bencong dan kegila-gilaan. Mungkin saja larangan yang tidak perhatikan/tidak diketahui ini menjadi salah satu penyebab (bukan sebab pasti) lahirnya anak laki-laki yang kemudian ngondek.

Larangan etika berhubungan suami istri tersebut akan memiliki akibat tertentu dalam akhlak anak ini, bukanlah suatu sebab sempurna atau lengkap bagi akibat yang akan ditimbulkan terhadapnya, yakni akibat yang disebutkan. Jadi akibat tersebut tidak mesti terjadi. Namun demikian ianya layak sekali untuk diperhatikan. Sebab kita tidak tahu terhadap adanya sebab-sebab yang lain yang dapat melengkapi sebab tersebut.

Oleh karenanya lengkapilah sebab yang bisa menimbulkan kebaikan, begitu pula kurangilah sebab-sebab yang bisa melengkapi sebab (perbuatan/berhubungan/sex) yang bisa menimbulkan keburukan, seperti mengucap/memperbanyak shalawat atau bersedekah (dimana keduanya bisa menghilangkan bala’ dan bencana), atau mengurangi perbuatan buruk lainnya, baik yang haram atau makruh.

Meski demikian, didikan orangtua yang pada tempatnya bisa saja mengobati anak yang sudah terlanjur ngondek, kenali anak-anak yang mulai berperilaku aneh tersebut sejak usia dini agar lebih mudah untuk diluruskan kembali, karena jika ia ada dilingkungan yang salah, maka kita telah melengkapi sebab tersebut.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati🙂

10 responses to “Mencegah anak lahir ngondek?

  1. Jadi yang salah orang tua nya?
    Kasian mereka yaa, anak yang tanggung akibatnya..

    Mohon judulnya jangan begitu,
    Kasihan orang2 yang sudah terlanjur..

    • kesalahan org tua hanya sebagai sebab yg tdk lengkap. jika anak sudah berakal sempurna, hal tsb kembali kpd dirinya sendiri. walaupun tetap orang tua kelak akan diminta pertanggung jawabanNya.

      maaf mengenai judulnya… krn msh sulit mencari judul yg pas…

  2. You post interesting articles here. Your blog deserves much more visitors.
    It can go viral if you give it initial boost, i know useful service that can help
    you, simply type in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s